Sharing & Counseling Accounting Is Fun

Sharing & Counseling Accounting Is Fun

Fakultas Ekonomi Universitas Widyatama (UTama) menyelenggarakan sharing & counseling dengan audiens mahasiswa baru dan calon mahasiswa baru pada senin 30 Juli 2018 bertempat di ruang seminar gedung Rektorat lantai 4. Acara yang bertemakan Accounting is Fun ini bertujuan untuk memperkenalkan sejak dini kepada mahasiswa baru bahwa dunia Akuntansi itu sangat menyenangkan dan sudah dilakukan oleh seluruh manusia sejak kecil.

Dr. R. Wedi Rusmawan selaku Dekan Fakultas Ekonomi Widyatama memaparkan sejak menempuh pendidikan dasar hingga saat ini manusia sudah diajarkan bagaimana mengelola keuangan. Begitu pentingnya membukukan pemasukan dan pengeluaran di segala aspek tutur Wedi.

Menurutnya perkembangan profesi keuangan saat ini telah terbagi dalam beberapa profesi seperti teknisi akuntansi, akuntan, akuntan-jasa KJA, akuntan publik, dan penilai publik.

Teknisi Akuntan merupakan seseorang yang memiliki kompetensi untuk menjadi tenaga pelaksana pembukuan dan penyelia bidang akuntansi pada dunia usaha, lembaga pemerintah, dan lembaga lainnnya. Sedangkan akuntan adalah seorang yang telah terdaftar pada register Negara Akuntan yang diselenggarakan oleh menteri keuangan. Begitu juga akuntan berpraktik adalah akuntan beregister yang telah mendapatkan izin dari menteri untuk memberikan jasa akuntansi kepada publik melalui Kantor Jasa Akuntan (KJA),terangnya.

1882 1024x768 - Fakultas Ekonomi Widyatama Selenggarakan Sharing & Counseling Accounting Is Fun

Akuntan publik adalah seorang yang telah memperoleh izin dari menteri keuangan untuk memberi jasa asuransi dan non asuransi. Sedangkan penilai publik adalah seseorang yang telah memperoleh izin dari menteri keuangan untuk memberikan jasa penilaian,tambahnya.

Sebagai akuntan yang baik haruslah terdaftar dalam Register Negara Akuntan (RNA). RNA merupakan daftar yang memuat nomor dan nama orang yang telah lulus ujian sertifikasi profesi akuntansi yang diselenggarakan asosiasi yang dibina Menteri Keuangan dan berhak disebut Akuntan Publik. Dalam daftar RNA tersebut memuat semua WNI yang lulus sertifikasi akuntansi seperti Chartered Accountant (CA) oleh IAI, Certified Public Accountant (CPA) oleh IAPI, dan CPMA oleh IAMI,jelasnya.

Wedi menambahkan untuk memperoleh gelar CA sebagai profesi Akuntan, di Universitas Widyatama cukup mengikuti 1 ujian sertifikasi yang dilaksanakan oleh IAI.