Home » Profil Singkat

Profil Singkat

Pendirian Fakultas Ekonomi dimulai melalui pendirian Institut Akuntansi Bandung (IAB) dengan jurusan Akuntansi jenjang Strata 1 (S1 ) pada tahun 1973. Lembaga pendidikan tinggi ini terus berkembang berdasarkan landasan yang kuat, visi dan misi yang jelas dan terarah, IAB berubah nama nama menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bandung (STIEB) pada tahun 1979 dengan Jurusan Manajemen (S1) dan Jurusan Akuntansi (S1).

Selanjutnya, Yayasan Widyatama yang menaungi pengelolaan STIEB, membuka program pendidikan vokasi melalui pembukaan Program Diploma 3 untuk jurusan Manajemen dan Akuntansi pada tahun 1995. STIEB akhirnya membuka program pendidikan tinggi pada level pascasarjana yang dilaksanakan pada tahun 2000 dengan membuka Program Magister Manajemen (MM/S-2), yang disebut MM Widyatama,serta tahun 2004 membuka Program Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk).

Melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No. 137/D/0/2001 tanggal 2 Agustus 2001 didirikan Universitas Widyatama (UTama) yang merupakan gabungan sekolah /lembaga? pendidikan yang berada dalam naungan pengelolaan Yayasan Widyatama. STIEB selanjutnya dirubah menjadi Fakultas Ekonomi dalam struktur Universitas Widyatama dengan menyelenggarakan program studi Akuntansi (S1 & D3), Manajemen (Magister/S2, S1 & D3).

Mengantisipasi perkembangan lingkungan akan kebutuhan lulusan yang memiliki keahlian dan profesionalisme tinggi, berdasarkan Surat Keputusan Senat Universitas Widyatama No. 001/SK/SENAT/UTAMA/III/2004 dilakukan pemekaran Fakultas Ekonomi menjadi:

  • Fakultas Ekonomi yang mengelola Program Studi Akuntansi S1 & D3 serta Program Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk) dan
  • Fakultas Bisnis dan Manajemen yang mengelola Program Studi Manajemen S1 & D3 serta Program Studi Magister Manajemen (S2)

Sejak tahun 2013

Fakultas Ekonomi didukung sarana Laboratorium Komputer, Laboratorium Bahasa, Tax Center, Test Center CPA-IAPI, Brevet Pajak A dan B.

Profil Selengkapnya