Home » Profil Singkat

Profil Singkat

Sejarah

Universitas Widyatama (UTama) berada di bawah naungan Yayasan Widyatama, Yayasan Widyatama semula bernama Yayasan Pendidikan dan Pengajaran Akuntansi Bandung (YPPAB) yang didirikan di Bandung pada tanggal 3 Januari 1973 atas prakarsa Ibu Dra. Koesbandijah Abdoel Kadir (sekarang Prof. Dr. Hj. Koesbandijah Abdoel Kadir, M.S., Ak. Ketua Badan Pengurus Yayasan Widyatama). Yayasan ini mengelola Institut Akuntansi Bandung (IAB) dengan Program Studi Strata satu (S-1) Akuntansi.

Pada tahun 1977 YPPAB berubah nama menjadi Yayasan Pendidikan dan Pengajaran Akuntansi dan Manajemen Perusahaan Bandung (YPPAMPB). Perubahan nama ini dilakukan sejalan dengan penambahan Program Studi Manajemen Perusahaan tahun 1976 yang dikelola oleh Institut Manajemen Bandung (IMB) dan selanjutnya IAB dan IMB berubah nama menjadi Sekolah Tinggi Akuntansi dan Manajemen Perusahaan Bandung (STAMPB). Dengan demikian YPPAB yang menaungi IAB dan IMB berubah nama menjadi YPPAMPB yang menaungi STAMPB. Pada tahun 1979 nama Yayasan berubah menjadi Yayasan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bandung (YASTIEB) dan mengelola Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bandung (STIEB) dengan Program Studi Akuntansi dan Manajemen.

Mengikuti perkembangan kebutuhan serta perkembangan Yayasan sendiri, pada tahun 1993 nama Yayasan berubah menjadi Yayasan Widyatama. Yayasan ini mengelola Sekolah Tinggi dalam bidang Ekonomi (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bandung-STIEB), Teknik (Sekolah Tinggi Teknik Widyatama-STT Widyatama) dan Bahasa (Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Widyatama-STIBB Widyatama), Desain Komunikasi Visual (Sekolah Tinggi Desain Komunikasi Visual Widyatama-STDKV Widyatama) dan Program MM Widyatama, serta Program Profesi Akuntansi (PPA).

VISI

Menjadi Fakultas Ekonomi yang dapat menghasilkan sumber daya manusia profesional dibidang Akuntansi, berbudi luhur, senantiasa mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta mampu menyesuaikan diri dalam lingkungan global.

Vision

To become the Faculty of Economics in yielding professional human capital in Accounting who is trustworthy, neoteric in knowledge and technology, and in adapting to the global environment.

MISI

  1. Menyelenggarakan Pendidikan akuntansi bermutu tinggi, meliputi penyelenggaraan pendidikan jenjang Diploma Tiga (D3) dan Strata Satu (S1).
  2. Menyelenggarakan Proses pembelajaran bermutu tinggi untuk menghasilkan sumber daya manusia yang profesional di bidang Akuntansi dan berbudi luhur.
  3. Menyelenggarakan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat yang menunjang pengembangan dan penerapan ilmu Pengetahuan bidang Akuntansi.
  4. Menciptakan budaya akademik yang kondusif di bidang Akuntansi.
  5. Melakukan kerjasama dengan berbagai?pihak untuk menciptakan keterkaitan dan relevansi penyelenggaraan pendidikan dengan kebutuhan profesi akuntansi.

Mission

  1. To conduct quality education in Accounting, covering that of 3-year diploma and Bachelors degree.
  2. To conduct quality teaching-learning experiences to yield high-integrity professionals in Accounting.
  3. To conduct research and community services in support of Accounting sciences development and implementation.
  4. To create a conducive academic atmosphere in the field of Accounting.
  5. To cooperate with various parties to create interconnectedness and relevance of the teaching-learning process with the needs of the Accounting profession.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan Ahli Madya dan Sarjana Ekonomi bidang Akuntansi yang berkualitas serta mampu bersaing di tingkat nasional dan global.
  2. Menghasilkan karya penelitian di bidang Akuntansi.
  3. Tercapainya peningkatan kapabilitas sumber daya tenaga edukatif.
  4. Terciptanya suasana akademik yang kondusif di bidang akuntansi dan bisnis.
  5. Terlaksananya kerjasama antar institusi yang mendukung terciptanya keterkaitan dan relevansi pendidikan dengan kebutuhan profesi Akuntansi.

??Goals

  1. To yield excellent and nationally-and-globally competitive graduates of three-year diploma and bachelors degree programs in the field of Accounting.
  2. To produce research works in the field of Accounting.
  3. To reach the capability improvement of the teaching staff.
  4. To achieve a conducive academic atmosphere in Accounting and Business sciences.
  5. To hold cooperation with institutions which promote interconnectedness and relevance between Accounting education and profession.

Sambutan Dekan

Assalamualaikum wr wb.

Bismillahirrahmaanirrahiim

Puji dan syukur kehadirat Allah SWT, karena dengan ijin-Nya Tim Pengelola telah dapat menyelesaikan Website Fakultas Ekonomi Universitas Widyatama Bandung. Website ini merupakan penyempurnaan dari website sebelumnya. Review dan evaluasi terhadap website ini juga terus dilakukan dengan memasukkan berbagai perkembangan dan perubahan yang terjadi untuk meningkatkan mutu pelayanana pendidikan.

Perkembangan-perkembangan tersebut dijadikan bahan dalam penyempurnaan website ini. Penyempurnaan juga disesuaikan dengan ketentuan-ketentuan baru di bidang akademik yang telah diberlakukan sesuai pemerintah dan internal, baik dalam bentuk Undang-Undang, Peraturan Pemerintah, Surat Keputusan Menteri, Surat Edaran Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, serta dengan memperhatikan perkembangan kebutuhan dan tantangan stake holder dalam kaitannya dengan kompetensi yang harus dimiliki oleh lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Widyatama (FE-UTAMA).

Melalui kesempatan ini, kami mengucapkan terimakasih yang setulusnya kepada Tim Pengelola Website FE-UTAMA yang telah bersusah payah dalam merampungkan website ini, Senat Fakultas Ekonomi, para Pembantu Dekan, Ketua Prodi, Biro, dosen, ?staf dan pihak-pihak lain yang telah memberikan sumbangan tenaga dan pikiran bagi penyempurnaan website ini serta kemajuan FE-UTAMA khususnya dan UTAMA umumnya. Semoga sumbangan tersebut mendapat ridha dan ganjaran dan Allah SWT. Amiin YaRabbal?Alamin.

Bandung, Februari 2016

Dekan

Dr. Rd. Wedi Rusmawan Kusumah, SE., M.Si., Ak., CA