Home » Profil

Profil

Pada awalnya sebuah Institut Akuntansi Bandung (IAB) dengan program studi Akuntansi jenjang S1 yang didirikan pada tahun 1973. Berkat landasan yang kuat dan visi yang jelas lembaga ini terus berkembang, sehingga pada tahun 1979 berubah nama menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bandung (STIEB) dengan Jurusan Manajemen (S1) dan Jurusan Akuntansi (S1).

Melengkapi jenjang yang ada, tahun 1995 Yayasan Widyatama membuka Program Diploma 3 Jurusan Manajemen dan Akuntansi, tahun 2000 membuka Program Magister Manajemen (MM/S-2), yang disebut MM Widyatama, serta tahun 2004 membuka Program Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk).

Melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No. 137/D/0/2001 tanggal 2 Agustus 2001 dibentuk Universitas Widyatama/UTama yang merupakan gabungan sekolah-sekolah tinggi di lingkungan Yayasan Widyatama, dimana lembaga ini menjadi Fakultas Ekonomi dengan program studi Akuntansi (S1 & D3), Manajemen (Magister/S2, S1 & D3).

Mengantisipasi perkembangan lingkungan akan kebutuhan lulusan yang memiliki keahlian dan profesionalisme tinggi, berdasarkan Surat Keputusan Senat Universitas Widyatama No. 001/SK/SENAT/UTAMA/III/2004 dilakukan pemekaran Fakultas Ekonomi menjadi:

  • Fakultas Ekonomi yang mengelola Program Studi Akuntansi S1 & D3 serta Program Pendidikan Profesi Akuntansi (PPA) dan
  • Fakultas Bisnis dan Manajemen yang mengelola Program Studi Manajemen S1 & D3 serta Program Studi Magister Manajemen (S2)

Fakultas Ekonomi didukung sarana Laboratorium Komputer, Laboratorium Bahasa, Tax Center, Test Center CPA-IAPI, Brevet Pajak A dan B.

Visi

Menjadi Fakultas Penyelenggara Pendidikan di Bidang Akuntansi yang menghasilkan Sumber Daya Manusia Profesional, Berbudi luhur, senantiasa mengikuti perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, mampu menyesuaikan diri dalam lingkungan global dan terkemuka di Indonesia pada tahun 2025.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan akuntansi yang berkualitas, meliputi penyelenggaraan? pendidikan jenjang Diploma III, Strata 1, dan Program Pendidikan Profesi Akuntansi.
  2. Menyelenggarakan Proses pembelajaran berkualitas untuk menghasilkan sumber daya manusia yang profesional di bidang Akuntansi, dan berbudi luhur.
  3. Menyelenggarakan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat yang menunjang pengembangan dan penerapan ilmu Pengetahuan bidang Akuntansi.
  4. Menciptakan budaya akademik yang kondusif di bidang Akuntansi.
  5. Melakukan kerjasama dengan berbagai pihak untuk menciptakan keterkaitan dan relevansi penyelenggaraan pendidikan dengan kebutuhan profesi akuntansi.

Sistem Kebijakan Mutu

Kebijakan Mutu
Selalu berupaya untuk menghasilkan lulusan yang profesional yang memiliki keunggulan dan daya saing dan selalu mengembangkan diri dalam masyarakat global.

Tujuan

  • Terselenggaranya proses pembelajaran yang bermutu tinggi
  • Tercapainya peningkatan berkesinambungan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat yang mendukung pengembangan dan aplikasi ilmu pengetahuan di bidang akuntansi dan bisnis.
  • Tercapainya peningkatan kapabilitas sumber daya tenaga edukatif.
  • Terciptanya suasana akademik yang kondusif di bidang akuntansi dan bisnis.

Sasaran Mutu

  • 75% lulusan tepat waktu dan prestasi memuaskan
  • Lulusan dipersiapkan memiliki karakter yang baik sebagai entrepreneur (lulusan plus)
  • 75% kemampuan Bahasa Inggris yang baik
  • Rata-rata 1 (satu) publikasi nasional/internasional per dosen per tahun
  • Very good stakeholder satisfaction 80% IKAD Dosen Memuaskan
  • 30% mahasiswa memiliki pengalaman global internasional selama Studi di Fak Ekonomi Widyatama
  • Sekurang-kurangnya 75% lulusan terampil dan menguasai aplikasi komputer