Indonesia Accounting Fair 2018

Indonesia Accounting Fair 2018

IAFUniversitas widyatama berpartisipasi dalam Indonesia Accounting Fair 2018 (IAF 2018) yang diselenggarakan di Universitas Indonesia, Depok. Indonesia Accounting Fair merupakan kompetisi yang selalu diadakan oleh Universitas Indonesia setiap tahunnya dengan tema aturan terbaru akuntansi pada saat ini. Untuk tahun ini Indonesia Accounting Fair 2018 mengusut tema The New Leasing Era (IFRS 16), improving the quality of financial reporting with the single lease standard. Pada tahun ini Universitas Widyatama mengirimkan 1 tim dengan beranggotakan 3 orang yaitu, Delya Rhamatunnisa (20), Juannes Alfredo (20), dan Dessyana Adhiarizki (20).

Indonesia Accounting Fair 2018 dimulai dengan adanya Preliminary Online yang dilaksanakan tanggal 27 Januari 2018, 24 tim terbaik yang lolos dari babak Preliminary akan masuk ke babak Main Round, dan mengikuti semua babaknya maka akan diperoleh 5 tim terbaik untuk masuk ke babak final. Pada tahun ini peserta yang lolos babak Main Round Yaitu, Universitas Widyatama (1 tim), De La Salle (1 tim), International Islamic University Malaysia (1 tim), KDU UC Malaysia (1 tim), Mercubuana University (3 tim), STEI SEBI (1 tim), STIE Kesatuan Bogor (2 tim), Trisakti School of Management (2 tim), Universitas Airlangga (2 tim), Universitas Bina Nusantara (1 tim), Universitas Diponogoro (1 tim), Universitas Pelita Harapan (2 tim), Universitas Pendidikan Ganesha (1 tim), Universitas Surabaya (2 tim), dan Universitas Widyamandala (2 tim).

(5/3/2018) Pada hari Pertama diselenggarakan babak Main Round yang bertempat di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Depok. Yang terdiri dari babak yaitu Accountig Quiz dan Amazing Race. Babak Accounting Quiz terdiri dari 3 babak yaitu Multiple Choice (individu), Pandora Box (tim), dan Tic Tac Toe (tim). Sedangkan babak Amazing Race terdiri games yamg disediakan oleh panitia dan dari setiap games tersebut panitia memberika soal multiple choice yang harus dikerjakan pertim.

Indonesia Accounting Fair (3)

( 6/3/2018) Pada hari kedua 24 tim peserta Indonesia Accounting Fair 2018 mengikuti National Seminar yang bertempat di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Depok. National Seminar terdapat 5 topik yang dibahas yaitu, The Overview Of Leasing Contracts Under IFRS 16, Tax Implication On IFRS 16, The Implications To Lessors And Lessee, Accouniting And Financial Reporting Framework For Bank Indonesia, Dan Strategis In Facing The Leases Standard.

(7/3/2018) Pada hari ketiga 24 tim peserta Indonesia Accounting Fair 2018 mengikuti babak Open Discussion yang bertempat di KPMG, Jakarta. Open Discussion dimana setiap tim akan berdikusi tentang Sub Theme yang telah diberikan sebelumnya.

(8/3/2018) Pada hari Keempat 24 tim peserta Indoensia Accounting Fair 2018 mengikuti pelatihan IFRS 16 yang bertempat di PricewaterhouseCoopers (PWC) Jakarta. Para peserta akan diberikan pelatihan bagaimana cara mengidentifikasi perjanjian lease dengan adanya IFRS 16, menghitung nilai kontrak dari perjanjian lease tersebut, dan pengaruh IFRS 16 terhadap laporan Keuangan.

Selain itu pada hari tersebut adanya pengumuan 5 tim yang akan lolos ke babak final yaitu, Trisakti School of Management (2 tim), Universitas Bina Nusantara (2 tim), dan Univertsitas Pelita Harapan (1 tim). Tim yang masuk ke babak final adalah tim dengan nilai tertinggi yang diakumulasikan dari babak Main Round yaitu Accounting quiz, Amazing Race, Short Essay dan Open discussion. Universitas Widaytama belum dapat kesempatan untuk lolos ke babak final.

(9/3/2018) Pada hari kelima untuk tim yang lolos ke babak final dilaksanakan di ACCA, jakarta. Sedangkan untuk tim yang belum berkesempatan lolos ke babak final maka akan diberikan kunjungan Company Visit ke IDX Indonesia.

Setelah itu malam harinya maka 24 tim peserta Indonesia Accouting Fair mengikuti acara Gala Dinner dan pengumuman yang dilaksanakan di Balaikota Jakarta. Untuk tim yang mendapatkan juara Trisakti School of Management (Juara 1), Trisakti School of Management (Juara 2), dan Universitas Bina Nusantara (Juara 3).